Pukiss's Blog

Just another WordPress.com weblog

PASAR EKSPOR MINATI MEBEL ENCENG GONDOK

Selain sebagai bahan membuat tas, sandal, dan lain-lain, ternyata eceng gondok juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan mebel. Bahkan mebel eceng gondok diminati di pasar ekspor.Aimin, seorang pengusaha furniture di kawasan Jalan Raya Kerobokan, mengatakan, bila diproses dengan benar, tanaman eceng gondok bisa diolah menjadi berbagai produk mebel seperti sofa dan kursi, serta berbagai bahan kerajinan lain yang mempunyai nilai jual tinggi.

Tumbuhan eceng gondok yang banyak tumbuh di danau dan rawa oleh sebagian besar masyarakat dianggap musuh karena menimbulkan permasalahan lingkungan, terutama mengganggu aliran air. Akan tetapi bagi orang seperti Aimin, justru memiliki potensi luar biasa.
‘’Sebagian besar orang beranggapan eceng gondok adalah tanaman yang tak berguna, namun dengan sedikit kreativitas apa pun biasa dijadikan tambang emas,” ujarnya, Senin (23/3) kemarin

Proses pembuatannya juga lumayan sulit. Pertama, eceng gondok yang sudah terkumpul dikeringkan dengan bantuan sinar matahari. Setelah kering proses selanjutnya adalah merajut atau menganyam. Bahan dasar eceng gondok yang sudah kering ini, kemudian dipadukan dengan bahan rotan atau besi sebagai rangka sebelum akhirnya divernis menjadi mebel cantik.
Bahan baku pembuatan furniture eceng gondok ini, diakuinya, masih didatangkan dari luar Bali. ‘’Bahan baku masih didatangkan dari daerah Jawa, para perajin di sini hanya tinggal merangkainya saja, kami sudah menerima eceng gondok dalam bentuk kering,” ujarnya.

Tambahnya, mebel dari eceng gondok tersebut juga diekspor ke Eropa. Produk eceng gondok ini ternyata bisa bertahan lama asal tidak terkena air hujan. Harga satu set sofa eceng gondok mencapai Rp 2 juta- Rp 3 juta, sedangkan satu kursi makan antara Rp 200 ribu – Rp 300 ribu.

MEMBANGUN BISNIS EKSPOR ANDA
Adalah hal penting untuk membangun bisnis ekspor sesuai rencana. Banyak orang membuat bisnis yang tidak memperhatikan hal ini, padahal hal ini sangatlah penting untuk memperlihatkan bahwa perusahaan kelihatan besar dan bonafide. Lebih baik menghabiskan sedikit waktu persiapan dan menghasilkan uang kemudian dengan cepat.
Anda dapat memulai bisnis ekspor dari rumah dengan sedikit “office equipment”. Tidak perlu membeli meja dan kursi direktur mahal, tidak ada yang ingin melihat meja dan kursi mahal kecuali Anda sendiri.
Cukup sebuah komputer atau laptop.
Ini adalah daftar wajib ada bagi perusahaan ekspor:
Telepon
Telepon sangan diperlukan dalam bisnis ekspor, karena mungkin saja buyer menelepon pada Anda untuk menanyakan beberapa hal tentang produk.
Nama Perusahaan
Anda harus memiliki nama perusahaan yang bagus, yang mudah diingat oleh buyer. Nama perusahaan yang bagus adalah nama yang mengandung nama produk yang dijual. Sehingga citra dari perusahaan menrepresentasikan dari produk yang dijualnya.
Logo Perusahaan
Memiliki kartu nama yang representatif adalah penting. Apalagi didukung dengan desain grafis yang bagus. Logo tersebut dipasang kop surat juga yang merepresentasikan perusahaan Anda.
Warna
Warna dari logo, nama perusahaan, dan kartu harus terlihat bagus, selaras dan terlihat menyatu. Dan yang paling penting mudah terlihat data dari perusahaan Anda.
Komputer/Laptop
Sebuah adalah peralatan vital bagi eksportir. Karena komunikasi dengan buyer akan melalui email. Internet akan menjadi jalan utama dalam promosi penjualan produk.
Rekening Bank
Rekening bank diperlukan untuk menerima L/C (Letter of Credit) ataupun uang transfer dari buyer kepada Anda. Saat ini ada pula pembayaran secara elektronik yang terkenal adalah pembayaran melalui Paypal. Saat ini, Indonesia bisa mengirim dan menerima uang dari luarnegeri menggunakan
rekening dari Paypal. Hanya dengan alamat email, uang dari buyer akan masuk ke rekening kita di Paypal. Dan jika dibutuhkan bisa ditransfer ke rekening tabungan di bank Indonesia. Bank Indonesia yang bisa menerima pembayaran dari Paypal adalah Bank Permata, BCA dan BNI. Mungkin selanjutnya akan lebih banyak lagi bank yang bisa menerima verifikasi dari Paypal melalui kartu kredit VISA/Master. Rekening yang dibuat di bank harus atas nama perusahaan Anda sendiri,bukan nama pribadi, untuk membuat kepercayaan kepada buyer jika ingin mengirimkan uang.

Maret 17, 2010 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: